Jumat, 05 Maret 2010

10 mitosTidak Benar Tentang Olahraga


1. Bila anda Kurus, Anda Bugar

Banyak yang beranggapan bahwa kalau kita kurus maka tidak usah berolahraga, padahal kurus bukanlah suatu petunjuk dari bagaimana efisiensinya kerja Jantung, Paru-Paru dan Otot atau mempunyai Kebugaran Jasmani yang baik.


2. Keluar Keringat berarti Hilangnya Berat Badan

Bila berkeringat, berat badan hanya akan berkurang untuk sementara saja dan ketika kita minum maka akan kembali lagi, hal ini terjadi karena hilangnya cairan di dalam tubuh dan bukan oleh hilangnya Lemak. Sama halnya dengan bersauna atau berolahraga ditengah hari dengan memakai jaket yang dapat menyebabkan hilangnya air untuk sementara, bahkan hati-hatilah karena hal ini bisa membahayakan yakni tubuh mengalami kekurangan air.


3. Sit-Up akan Menghilangkan Lemak di Perut

Mitos ini berkembang hanya berdasarkan pada pengurangan setempat (Sport Reducing) yang disebabkan terjadinya penguatan di otot perut dan menjadi lebih kencang. Pengurangan lemak akan terjadi kalau secara rutin kita melakukan olahraga yang bersifat aerobik seperti Jalan, Jogging, Berenang, Senam Aerobik dll. serta pengurangan dari masukan kalori dan biasanya Lemak akan terkurangi secara proporsional.


4. Pacuan Listrik dapat mengurangi Lemak dan Menambah Kekencangan Otot

Bila hal ini bisa terjadi…….. alangkah mudahnya dan enak betul ……. Karena biasanya alat ini dipakai dalam fisioterapi untuk tujuan rehabilitasi atau digunakan untuk relaksasi otot sebagai pengganti Massage atau pijat penyegaran.



5. Otot akan berubah menjadi Lemak bila Berhenti Berlatih.

Katanya, para mantan atlit yang telah berhenti berlatih olahraga atau orang yang tadinya aktif berolahraga kemudian berhenti, banyak yang mengalaminya.
Bagaimanapun juga Lemak tidak dapat berubah menjadi otot atau sebaliknya, akan tetapi bila kita berhenti berlatih atau berolahraga maka otot akan tidak terlatih dan kehilangan kekuatannya. Serta bila kita terus makan banyak (karena kebiasaan ketika menjadi atlit yang harus makan banyak), maka hal ini akan menyebabkan sel-sel lemak menjadi lebih besar.


6. Selulit adalah Lemak yang Khusus dan bisa dihilangkan dengan Krem

Selulit adalah Lemak dan Lemak adalah Lemak. Lemak tertimbun di antara jaringan ikat di bawah kulit dan menjadi selulit yang tampak, hilangkan Selulit dengan olahraga yang berkesinambungan serta diet pengurangan makanan dan jangan hanya diolesi dengan kream.


7. Denyut Jantung yang Rendah berarti anda Bugar.

Dengan berolahraga yang terukur dan teratur dapat menurunkan Denyut Jantung pada waktu Istirahat, Akan tetapi bagaimanapun juga kalau hanya dilihat dari hal ini saja, tidak akan bisa langsung menunjukan tingkat Kebugaran.
8. Berlatihla sampai sakit

Rasa sakit merupakan tanda peringatan dari tubuh, untuk itu perhatikanlah badan anda, tidak ada mekanisme fisiologis yang menyebabkan rasa sakit yang dapat memberikan keuntungan pada badan anda. Yang paling tahu akan kondisi anda adalah diri kita sendiri, berolahragalah sesuai dengan kemampuan.


9. Pemanasan dan Peregangan Hanyalah Buang Waktu

Warming Up atau Pemanasan yang dilanjutkan dengan Peregangan merupakan suatu proses usaha penyesuaian dari tubuh sebelum melakukan suatu aktifitas olahraga dan hal ini sangatlah penting serta harus dilakukan agar tubuh kita bisa terhindar dari berbagai kemungkinan cedera, baik cedera otot, cedera persendian.


10. Banyak Terdapat Kemunduran Fisiologi bila Menjadi Tua


Meskipun ada kecenderungan dapat menurunnya penampilan fisik pada usia lanjut, tetapi pada umumnya kita masih bisa melanjutkan aktifitas olahraga untuk meningkatkan kebugaran sesuai dengan batasan umur dan kemampuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar